Dr. Rismarini, SpA
Pendahuluan
Merupakan masalah dunia dengan implikasi yang besar, terutama bagi negara berkembang.
Angka kejadian RM berat : 0,3 % dari seluruh populasi,
Hampir 3 % mempunyai IQ < 70
Definisi :
Fungsi intelektual dibawah rata-rata (IQ <70),
disertai adanya kendala dalam penyesuaian
perilaku adaptif sosial, dan
gejalanya timbul dalam masa perkembangan ( usia < 18 tahun )
Klasifikasi :
Berdasarkan nilai IQ :
RM borderline, IQ 70 – 79
RM ringan, IQ 52 - 69
RM sedang, IQ 36 – 51
RM berat, IQ 20 – 35
RM sangat berat, IQ < 20
Berdasarkan gejala :
Tipe klinik :
* Kelainan fisik & mental cukup berat à mudah dideteksi dini
* Penyebab >> kelainan organik
* Perlu perawatan terus menerus
Tipe sosial budaya :
* Penampilan seperti anak normal
* Tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah
* >> RM borderline & RM ringan
Etiologi :
Adanya disfungsi otak
Kompleks & multifaktorial
Faktor potensial :
* Non organik
* Organik
Faktor non organik
Kemiskinan
Keluarga tidak harmonis
Interaksi anak-pengasuh yang tidak baik
Penelantaran anak
Faktor sosiokultural
Faktor organik
1. Faktor prakonsepsi :
* Kelainan genetik (penyakit metabolik, kelainan neurokutaneus)
* Kelainan kromosom ( X-linked, translokasi, fragile-X)
2. Faktor pranatal
Kelainan kromosom ( sind. Down)
Infeksi intra uterin (TORCH, HIV)
Zat-zat teratogen (alkohol, radiasi, kokain, logam berat)
Disfungsi plasenta
Ibu DM
Toksemia gravidarum
Ibu malnutrisi
3. Faktor perinatal :
Prematur
Asfiksia neonatorum
Trauma lahir, perdarahan intrakranial
Meningitis
Kelainan metabolik : hipoglikemia, hiperbilirubinemia
4. Faktor post natal :
Trauma berat pada kepala / SSP
Neurotoksin (misal logam berat)
Anoksia (misal tenggelam)
Kelainan metabolik
Gizi buruk
Infeksi (Meningitis, ensefalitis)
Kelainan yang menyertai
Palsi Serebral
Epilepsi
Gangguan pendengaran
Gangguan penglihatan
Hidrosefalus
Autisme infantil
Gangguan psikiatrik lain
Diagnosis
Anamnesis untuk mencari penyebab kelainan à organik / non organik
Skrining à Tes Denver
Anak RM perkembangan terlambat di semua bidang, kecuali kadang-kadang pada bidang motorik kasar
Tes IQ ( usia > 6 tahun )
Pem. Laboratorium atas indikasi, bukan rutin
Penatalaksanaan
Umum : masalah pendidikan, edukasi & latihan
Tim multidisiplin (dokter anak, psikiater, neurolog, psikolog, guru, terapis okupasi, terapis bicara, perawat)
Sesuai dengan IQ
SLB
RM ringan
Mampu didik à diajar baca tulis
Bisa dilatih keterampilan tertentu sbg bekal hidup & mandiri spt orang dewasa normal
Memerlukan bimbingan dari keluarga
RM sedang
Mampu latih à bisa dilatih keterampilan tertentu (pertukangan, pertanian)
Dilatih mengurus diri sendiri
Selalu memerlukan bimbingan & pengawasan
RM berat
Dilatih higiene dasar saja
Dilatih kemampuan bicara yang sederhana
Tidak dapat dilatih keterampilan kerja
Memerlukan pengawasan & bimbingan seumur hidup
RM sangat berat
Kemampuan berbahasa sangat minimal
Seluruh hidup tergantung pada orang disekitarnya
21 Januari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
interaksi pengasuh dan anak harus sangat diperhatikan...
menurut pengalaman saya, saat memiliki bayi saya malah sibuk bekerja dan akhirnya anak menjadi kurang perhatian, sedangkan pengasuh hanya sekedar menjaga tapi tidak memperhatikan aspek tumbang anak..
Posting Komentar