21 Januari 2010

Retardasi Mental


 Dr. Rismarini, SpA
 Pendahuluan
 Merupakan masalah dunia dengan implikasi yang besar, terutama bagi negara berkembang.
 Angka kejadian RM berat : 0,3 % dari seluruh populasi,
 Hampir 3 % mempunyai IQ < 70
 Definisi :
 Fungsi intelektual dibawah rata-rata (IQ <70),
disertai adanya kendala dalam penyesuaian
perilaku adaptif sosial, dan
gejalanya timbul dalam masa perkembangan ( usia < 18 tahun )
 Klasifikasi :
Berdasarkan nilai IQ :
 RM borderline, IQ 70 – 79
 RM ringan, IQ 52 - 69
 RM sedang, IQ 36 – 51
 RM berat, IQ 20 – 35
 RM sangat berat, IQ < 20
Berdasarkan gejala :
 Tipe klinik :
* Kelainan fisik & mental cukup berat à mudah dideteksi dini
* Penyebab >> kelainan organik
* Perlu perawatan terus menerus
 Tipe sosial budaya :
* Penampilan seperti anak normal
* Tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah
* >> RM borderline & RM ringan
 Etiologi :
 Adanya disfungsi otak
 Kompleks & multifaktorial
 Faktor potensial :
* Non organik
* Organik
 Faktor non organik
 Kemiskinan
 Keluarga tidak harmonis
 Interaksi anak-pengasuh yang tidak baik
 Penelantaran anak
 Faktor sosiokultural
 Faktor organik
1. Faktor prakonsepsi :
* Kelainan genetik (penyakit metabolik, kelainan neurokutaneus)
* Kelainan kromosom ( X-linked, translokasi, fragile-X)
2. Faktor pranatal
 Kelainan kromosom ( sind. Down)
 Infeksi intra uterin (TORCH, HIV)
 Zat-zat teratogen (alkohol, radiasi, kokain, logam berat)
 Disfungsi plasenta
 Ibu DM
 Toksemia gravidarum
 Ibu malnutrisi
3. Faktor perinatal :
 Prematur
 Asfiksia neonatorum
 Trauma lahir, perdarahan intrakranial
 Meningitis
 Kelainan metabolik : hipoglikemia, hiperbilirubinemia
4. Faktor post natal :
 Trauma berat pada kepala / SSP
 Neurotoksin (misal logam berat)
 Anoksia (misal tenggelam)
 Kelainan metabolik
 Gizi buruk
 Infeksi (Meningitis, ensefalitis)
 Kelainan yang menyertai
 Palsi Serebral
 Epilepsi
 Gangguan pendengaran
 Gangguan penglihatan
 Hidrosefalus
 Autisme infantil
 Gangguan psikiatrik lain
 Diagnosis
 Anamnesis untuk mencari penyebab kelainan à organik / non organik
 Skrining à Tes Denver
Anak RM perkembangan terlambat di semua bidang, kecuali kadang-kadang pada bidang motorik kasar
 Tes IQ ( usia > 6 tahun )
 Pem. Laboratorium atas indikasi, bukan rutin
 Penatalaksanaan
 Umum : masalah pendidikan, edukasi & latihan
 Tim multidisiplin (dokter anak, psikiater, neurolog, psikolog, guru, terapis okupasi, terapis bicara, perawat)
 Sesuai dengan IQ
 SLB
 RM ringan
 Mampu didik à diajar baca tulis
 Bisa dilatih keterampilan tertentu sbg bekal hidup & mandiri spt orang dewasa normal
 Memerlukan bimbingan dari keluarga
 RM sedang
 Mampu latih à bisa dilatih keterampilan tertentu (pertukangan, pertanian)
 Dilatih mengurus diri sendiri
 Selalu memerlukan bimbingan & pengawasan
 RM berat
 Dilatih higiene dasar saja
 Dilatih kemampuan bicara yang sederhana
 Tidak dapat dilatih keterampilan kerja
 Memerlukan pengawasan & bimbingan seumur hidup
 RM sangat berat
 Kemampuan berbahasa sangat minimal
 Seluruh hidup tergantung pada orang disekitarnya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

interaksi pengasuh dan anak harus sangat diperhatikan...
menurut pengalaman saya, saat memiliki bayi saya malah sibuk bekerja dan akhirnya anak menjadi kurang perhatian, sedangkan pengasuh hanya sekedar menjaga tapi tidak memperhatikan aspek tumbang anak..