21 Januari 2010

TUMBUH KEMBANG

TUMBUH KEMBANG
Dr. Rismarini, SpA
Bagian IKA FK UNSRI / RS Moh. Hoesin
Palembang

Anak tidak sama dengan orang dewasa, bukan dewasa dalam bentuk mini
Ciri khas anak : tumbuh dan berkembang

Tumbuh Kembang
Konsepsi ---------------------------- Dewasa
Bayi Anak Remaja

Tumbuh kembang proses yang berbeda, tapi tidak berdiri sendiri, saling berkaitan satu sama lain.
Pertumbuhan
Bertambahnya ukuran & jumlah sel + jar. interseluler  bertambah besar ukuran fisik & struktur tubuh

Bersifat kuantitatif  dapat diukur
Satuan panjang, satuan berat
Indikator : BB, PB, TB, LK, LLA
Perkembangan
Bertambah matang struktur & fungsi tubuh
 bertambah keterampilan / kepandaian
Bersifat kualitatif
Pengukuran lebih sulit  milestone
Indikator : gerakan kasar / halus, bicara, kecerdasan, psikososial, penglihatan, pendengarn
Tujuan Umum mempelajari TK

tahapan TK

fisik, mental,
emosi, sosial
Tujuan khusus

Mengetahui & memahami proses TK sejak konsepsi sp dewasa.
Dapat mendeteksi kelainan TK
 diagnosis dini  terapi dini  tidak cacat
Mengetahui penyebab ggn TK  mencegah ggn / cacat lebih lanjut




Ciri-ciri pertumbuhan
Perubahan ukuran
 tambah BB, TB, LK, organ-organ tubuh

Perubahan proporsi
 Kepala, titik pusat tubuh

Ciri-ciri pertumbuhan
Hilangnya ciri-ciri lama
 kel. Timus, gigi susu, rf. Primitif

Timbulnya ciri baru
 gigi tetap, seks sekunder

Keunikan Pertumbuhan
Kecepatan pertumbuhan yg tidak teratur. Ada masa percepatan, perlambatan dalam priode ttt

Tiap organ punya pola pertumbuhan yang berbeda


4 Pola kurva pertumbuhan

Pola pertumbuhan umum
Pola pertumbuhan otak dan kepala
Pola pertumbuhan jaringan limfoid
Pola pertumbuhan organ reproduksi

Pertumbuhan Umum
Berlangsung terus secara tetap dr konsepsi sp dewasa, dg fluktuasi dlm kecepatan tumbuh.
Percepatan maksimum pd akhir masa janin, kemudian menurun sp melewati masa bayi.
Masa prasekolah tumbuh lambat
Masa adolesensi cepat lagi, kemudian menurun dan berhenti setelah dewasa.


Pertumbuhan otak dan kepala
BBL, 25 % berat otak orang dewasa
50 % pertumbuhan otak terjadi pada tahun I
20 % pada tahun II
5 – 6 tahun = 90 % otak dewasa
Pertumbuhan jaringan limfoid
Tumbuh cepat pada bayi dan anak
Usia 10-12 tahun 2 x dewasa
Menurun pada masa pubertas, kemudian mengalami involusi sp = dewasa
Tonsil, adenoid, limfa, kel. Getah bening, jar. Limfe di usus
Pertumbuhan organ reproduksi
Tahun I, berkembang lambat
Pesat pada masa remaja  tanda sex sekunder
Sangat pesat setelah seluruh pertumbuhan badan berakhir
Ciri-ciri perkembangan
Perkembangan melibatkan perubahan
Erat hubungannya dg maturasi SSP
Perkembangan awal menentukan perkembangan selanjutnya
Perkembangan punya pola yang tetap
Perkembangan punya tahap berurutan
Perkembangan punya kecepatan berbeda
Perkembangan berkorelasi dg pertumbuhan
Arah perkembangan sefalokaudal, proksimodistal
Faktor-faktor yang mempengaruhi TK
Tumbuh kembang merupakan hasil interaksi banyak faktor.

Dapat digolongkan menjadi :
Faktor internal
Faktor eksternal (lingkungan)
Faktor internal
Genetik
Perbedaan ras / etnik / bangsa
Keluarga
Umur
Jenis kelamin
Kelainan kromosom

Faktor eksternal/lingkungan
Faktor Pranatal
Gizi * Infeksi
Mekanis * Keln. imunologis
Toksin/kimia * Anoksia embrio
Endokrin * Psikologis ibu
Radiasi
Faktor persalinan
Komplikasi persalinan, Trauma kepala, Asfiksia
Faktor Pascanatal
Gizi
Peny. Kronis / keln. Kongenital
Lingkungan fisik & kimia
Psikologis
Endokrin
Sosio-ekonomi
Lingkungan pengasuhan
Stimulasi
Obat-obatan
Kebutuhan dasar TK anak
Kebutuhan fisik-biomedis ( ASUH)

Kebutuhan kasih sayang/emosi (ASIH)

Kebutuhan latihan/rangsangan (ASAH)
ASUH
Nutrisi adekuat & seimbang
Perawatan kesehatan dasar ( imunisasi, penimbangan, deteksi dini, pengobatan dini)
Pakaian yang layak, bersih & aman
Perumahan yang layak & sehat
Higiene & sanitasi lingkungan
Kesehatan / sosek orangtua
Kesegaran jasmani, olah raga, rekreasi
Sarana kesejahteraan, kesehatan, pendidikan
ASIH
Kasih sayang orang tua
Rasa aman
Harga diri
Kebutuhan akan sukses
Mandiri
Dorongan
Kesempatan dan pengalaman
Rasa memiliki

ASAH
Diperlukan seawal & sedini mungkin,
terutama sp usia 4 – 5 tahun
Berupa latihan, bermain, pendidikan
Sesuai umur dan kemampuan anak
Psikomotor, bahasa, sosial emosional, kecerdasan
Bisa informal, formal, nonformal

MATURASI TUMBUH KEMBANG

* Skeletal
* Neural
* Dental
* Mental
* Seksual

Tidak ada komentar: